Sosialisasi Penerapan ISO 9001:2015 Komitmen Pelayanan Prima UMMI
Sosialisasi Penerapan ISO 9001:2015 Komitmen Pelayanan Prima UMMI

Sosialisasi Penerapan ISO 9001:2015 Komitmen Pelayanan Prima UMMI

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 21 Juli 2018

Auditorium, ummi.ac.id - Dalam rangka peningkatan pelayanan yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), bagian akademik UMMI bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional Indonesia (BSN) menggelar Sosialisasi Penerapan ISO 9001:2015 Pelayanan Prima UMMI.

Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis-Jum at 19-20 Juli 2018 di ruang D1 dan Auditorium UMMI dibuka oleh Rektor UMMI Dr. Sakti Almasyah yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan penerapan ISO 9001:2015 untuk pelayanan prima UMMI sudah menjadi suatu kewajiban.

Narasumber pada kegiatan ini konsultan manajemen mutu Siska Agustin yang pada paparannya menyampaikan antara lain perubahan klausul dari delapan menjadi sepuluh. Kalau dalam ISO 9001: 2008 terdapat 8 klausul ISO 9001: 2008 yaitu:  Ruang Lingkup, Acuan Normatif, Istilah dan definisi, Sistem Manajemen Mutu, Tanggung Jawab Kerja, Manajemen Sumber Daya, Realisasi Produk dan Pengukuran, Analisis dan Peningkatan. Sedangkan  dalam ISO 9001: 2015 terdapat 10 klausul yaitu: Ruang Lingkup, Acuan Normatif, Istilah dan definisi, Kontak Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Penunjang, Operasional, Evaluasi Kinerja dan Peningkatan.

Sosialisasi diikuti oleh 40 orang terdiri dari : Kepala laboratorium dan laboran sebanyak 20 orang, Kepala dan staf perpustakaan sebanyak 7 orang, kepala urusan dan staf akademik dan kemahasiswaan sebanyak 10 orang, Kepala bagian dan Kepalaa urusan akademik sebanyak 2 orang dan orang1  Operatort Epsbed. 

Hasil dari acara selama dua hari diharapkan peserta dapat memahami sistem manajemen mutu dan pendokumentasian pada iso 9001:2015 sehingga menghasilkan persamaan persepsi dan standar pelayanan prima di UMMI.