Ini Dia DPL dan Koordinator Program KKN Tematik UMMI 2021
Ini Dia DPL dan Koordinator Program KKN Tematik UMMI 2021

Ini Dia DPL dan Koordinator Program KKN Tematik UMMI 2021

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Senin, 12 Juli 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Kamis, 7 Juli 2021 telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program KKN Tematik UMMI 2021 kepada seluruh Dosen pembimbing Lapangan (DPL) di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sukabumi secara Virtual. KKN-T tahun inimengusung 8 (delapan) program, program-program tersebut diusulkan oleh dosen UMMI yang memenuhi kriteria dan sebelumnya telah direview oleh 3 orang dari reviewer internal yaitu ketua LKHI, ketua LPPM dan ketua LAIK, yang selanjutnya dilakukan seleksi dan sudah ditetapkan oleh LPPM UMMI.

Adapun program-program terpilih pada KKN-T UMMI 2021 beserta para koordinator program nya adalah sebagai berikut : 1. Posdaya Hisbatul’umm, Bina Ruhiyah Bina Rupiah (Dr. Robin, S.Pi., M.Si.), 2. Usaha Wisata Desa (UWIDE) Pengembangan Desa Sadar Wisata di Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi (Faizal Mulia Z, S.AB., M.A.), 3. Optimalisasi Peran UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Kota Sukabumi Akibat Pandemi Covid-19 (Leonita Siwiyanti, S.Ag., M.M.), 4. Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Pengenalan Lapangan Persekolahan (Firman Maulana, M.Pd.), 5.Pemanfaatan Teknologi pada Masa PandemiGuna Mempermudah Pelayanan Administrasi Desa di Wilayah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi (George Pri Hartawan, M.Kom.), 6.Transformasi Daya Saing Digital UMKM di Kota Sukabumi (Dicky Joansyah, S.E., M.A.), 7. Pengembangan Budidaya Ikan dengan SMART-K (Sistem Manajemen Akuakultur, Rekayasa Teknologi dan Kemitraan) di Kecamatan Cisaat dan Kadudampit (Novita M.Z., S.Pi., M.Si.), 8. Pendampingan Masyarakat dengan Kemampuan Literasi dalam melawan hoax (Irawan Danismaya, S.Kep., Ners., M.Kep)

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program-program terpilih untuk pelaksanaan KKN-T UMMI 2021 dan Meningkatkan pemahaman DPL pada langkah-langkah kerja tiap program sesuai pada daerah yang telah ditetapkan dilengkapi timeline rencana kegiatan yang jelas. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan sekretaris LPPM, Panitia KKN-T, para Koordinator program dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Kegiatan ini dimulai Pkl 08.30 WIB dan dibuka oleh Ibu Arfatul Makiyah, M.Kep selaku MC yang memandu acara sosialisasi program ini, selanjutnya kultum disampaikan oleh Bpk M. Rijal Amirulloh, M.K.P dengan judul “manusia menjadi khalifah di muka bumi”. Dilanjutkan dengan Laporan ketua pelaksana Bpk.Aa Juhanda, M.Pd. dan Sambutan sekaligus arahan dari Bpk Asep Muhamad Ramdan,S.E.,M.M. 

Sebelum sosialisasi program dimulai, Ibu Devi Indah Anwar, M.Sc mengumumkan pembagian DPL dan koordinator program KKN-T nya, selanjutnya dilakukan break session sebanyak 8 room zoom sesuai dengan pembagian kelompok koordinator programnya. Room 1, koord Program Bpk Dr.Robin, S.Pi, M.Si dan 5 orang DPL yang dimoderatori oleh Ibu Devi Indah Anwar, M.Sc. Room 2, Koord Program Bpk Faizal Mulia Z, S.AB., M.A. dan 4 orang DPL yang dimoderatori oleh Bpk. M. RijalAmirulloh, M.K.P. Room 3, Koord Program Ibu Leonita Siwiyanti, S.Ag., M.M dan 5 orang DPL . yang dimoderatori oleh Ibu Arfatul Makiyah, M.Kes. Room 4 Koord Program Bpk Firman Maulana, M.Pd dan 1 orang DPL. Room 5 Koord Program Bpk George Pri Hartawan, M.Kom. dan 3 orang DPL yang dimoderatori oleh Ibu Pujia Siti Balkist,M.Pd. Room 6 Koord Program Bpk. Dicky Jhoansyah,S.E.,M.A dan 4 orang DPL yang dimoderatori oleh Bpk. AA Juhanda, M.Pd. Room 7 Koord Program Ibu Novita dan 2 orang DPL. Room 8 Koord Program Bpk Irawan Dhanismaya, S.Kep., Ners., M.Kep dan 3 orang DPL yang dimoderatori oleh Ibu Resa Nurmala, S.AB.,M.A. Setiap pemaparan materi tersebut berlangsung selama 40 menit dan sesi tanya jawab dari DPL 20 menit.

Sosialisasi program ini berlangsung sangat interaktif  antarakoordinator program dan DPL di masing- masing Room. Setelah Break session masing- masing room selesai, lalu digabungkan kembali dalam satu room virtual seperti diawal.  Sesi tanya jawab secara tekhnis yang belum terjawab di masing- masing room, lanjut didiskusikan bersama dan ditanggapi oleh panitia KKN dan LPPM sehingga menghasilkan beberapa kesimpulan dan keputusan.

Selanjutnya dilakukan pengisian form evaluasi peserta, yang didalamnya berisi penilaian rangkaian kegiatan, penilaian sosialisasi program dari koordinator program oleh setiap DPL, dan pemahaman para DPL terhadap sosialisasi yang telah dipaparkan oleh masing- masing koordinator program. 

Kegiatan Sosialisasi Program pun selesai Pkl 11.00 WIb sesuai waktu yang telah di tentukan dan diakhiri dengan Foto Bersama sebagai bukti dokumentasi kegiatan. Acara Alhamdulillah berjalan lancar dan dengan adanya kegiatan sosialisasi program KKN-T kepada para DPL ini diharapkan masing- masing koordinator program dapat mengkoordinir seluruh DPL nya dalam pelaksanaan kegiatan/programnya, DPL juga dapat memahami program yang telah disosialisasikan oleh Koordinator program dan dapat mengarahkan ke mahasiswa yang dibimbingnya nanti.(LMC/Internship Humas)