LPPM UMMI Gelar Kegiatan Sosialisasi Dan Pembekalan Program Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) 2021
LPPM UMMI Gelar Kegiatan Sosialisasi Dan Pembekalan Program  Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) 2021

LPPM UMMI Gelar Kegiatan Sosialisasi Dan Pembekalan Program Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) 2021

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Jumat, 16 Juli 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Senin, 12 Juli 2021 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sukabumi  (UMMI) gelar Sosialisasi dan Pembekalan Program KKN-T UMMI 2021 kepada seluruh mahasiswa UMMI secara virtual melalui  zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM, Panitia, 8 Koordinator Program, 26 Dosen Pembimbing Lapangan dan seluruh mahasiswa yang tersebar dalam 67 kelompok KKN-T UMMI 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan membekali mahasiswa pemahaman dan langkah-langkah kerja tiap program yang akan dilaksanakan saat KKN-T nanti sesuai dengan pembagian kelompok dan daerah yang telah ditentukan

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh M. Khairul Amal, M.M., (dosen Manajemen Ritel) dilanjutkan dengan kultum oleh M.Rijal Amirulloh, M.K.P. (Dosen Administrasi Publik) Kemudian Bapak Aa Juhanda, M.Pd. selaku ketua panitia menyampaikan laporan persiapan KKN-T UMMI 2021 dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari ketua LPPM, Asep Muhamad Ramdan, S.E., M.M.

Dalam KKN-T UMMI 2021 terdapat 8 program dengan 67 kelompok yaitu program Posdaya Hisbatulumm, Bina Ruhiyah Bina Rupiah dengan  kelompok 1-12 dengan Dosen Pedamping Lapangan (DPL) yaotu Hadi Abdillah, MMRS., Devi Indah Anwar, M.Sc., Alwi Nurudin, M.Pd., M. Tanzil Suherman, M.I.Kom. dan Dr. Robin, S.Pi., M.Si. akan melaksanakan;

Kedua Program Usaha Wisata Desa (UWIDE) Pengembangan Desa Sadar Wisata di Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi dengan kelompok 13-23 beserta para DPL nya yakni Faizal Mulia, MA., Firman Septiadi, M.Pd., M. Rijal Amirulloh, M.K.P., dan Bachtiar, M.Pd. akan melaksanakan

Ketiga program Optimalisasi Peran UMKM dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Kota Sukabumi Akibat Pandemi Covid-19 dengan  kelompok 24-38 dengan DPL Leonita Siwiyanti, M.M., Ismet Ismatullah, M.Ak., Acep Suherman, M.Ak., Muhammad Thariq Aziz, M.Pd.I., dan Aris Juliansyah, M.I.K.

Keempat program Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Pengenalan Lapangan Persekolahan kelompok 39-41 dengan DPL  Firman Maulana, M.Pd.

Kelima program Pemanfaatan Teknologi pada Masa Pandemi Guna Mempermudah Pelayanan Administrasi Desa di Wilayah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi kelompok 42-46 dengan DPL Bapak George Pri  Hartawan, M.Kom. dan Ibu Lelah, M.Kom akan melaksanakan;

Keenam program Transformasi Daya Saing Digital UMKM di Kota Sukabumi dengan kelompok 47-56 beserta para DPL Arfatul Makiyah, M.Kes., Aa Juhanda, M.Pd., Dicky Jhoansyah, MA., dan Dadan Rahmat, M.T.

Ketujuh program Pengembangan Budidaya Ikan dengan SMART-K (Sistem Manajemen Akuakultur, Rekayasa Teknologi dan Kemitraan) di Kecamatan Cisaat dan Kadudampit dengan kelompok 57-61 dengan DPL Novita M.Z., S.Pi., M.Si. dan Pujia Siti Balkist, S.Si., M.Pd.

Kedelapan program Pendampingan Masyarakat dengan Kemampuan Literasi dalam melawan hoax dengan kelompok 62-67 dengan DPL yakni  Irawan Danismaya, M.Kep, Erna Safariyah, M.Kep. dan Kartika Tarwati, M.Hum.

Setelah setiap peserta memasuki ruangan virtual masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pembekalan teknis pelaksanaan dari tiap program sesuai pembagian kelompok dan diskusi serta tanya jawab antara mahasiswa dan coordinator DPL sekaligus coordinator Program masing-masing.

Kemudian para DPL dipersilakan untuk membuat room virtual masing-masing kelompok yang dibimbingnya untuk menentukan struktur organisasi dari tiap kelompok dan diskusi secara lebih mendalam mengenai teknis pelaksanaan. Seluruh rangkaian kegiatan selesai tepat waktu pada pukul 12.00 dengan antusiasme dari peserta yang sangat baik.

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh mahasiswa memperoleh pembekalan pemahaman yang cukup mengenai program dan teknis pelaksanaan KKN-T UMMI 2021 sesuai pembagian kelompok dan daerah yang telah ditentukan dan akan dimulai dalam waktu dekat ini.