Solusi bagi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 : Mahasiswa UMMI Gelar Pelatihan Bisnis Online
Solusi bagi UMKM di Tengah  Pandemi Covid-19 : Mahasiswa UMMI Gelar Pelatihan Bisnis Online

Solusi bagi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 : Mahasiswa UMMI Gelar Pelatihan Bisnis Online

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 01 September 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Pandemi Covid-19 mengguncang sektor perekonomian negeri. Semua sektor porak-poranda, termasuk para pelaku UMKM. Guncangan pada berbagai sektor ekonomi membuat daya beli sebagian besar masyarakat melemah, dan lagi-lagi UMKM ikut terdampak. Omzet menurun, sulitnya bersaing dengan usaha sejenis, hambatan modal, dan berbagai dampak lain.

Melihat permasalahan tersebut Mahasiswa UMMI kelompok 52 Kuliah Kerja Nyarta Tematik (KKN-T) menggelar webinar untuk UMKM yang bertemakan “Transformasi Daya Saing Digital UMKM Desa di Era Pandemi” digelar melalui aplikasi zoom, Selasa (24/8/2021)

Dalam webinar ini mahasiswa UMMI menghadirkan Dendi Sunardi yang merupakan Engineering Manager Working at Tokopedia. Materi yang disampaikan tentang manfaat fitur-fitur bisnis online atau marketplace, dimana bisnis online di masa pandemi ini sangat berpegaruh besar bagi pelaku UMKM.

Acara yang berupa pelatihan bagi para pegiat UMKM dilangsungkan diikuti peserta UMKM dari dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi, yaitu kecamatan Sukabumi dan Sukaraja, yang dihadiri oleh 55 orang peserta. Para peserta yang hadir bergerak di berbagai bidang, seperti alas kaki, tepung tapioka, rumah makan, pakaian, jasa, laundry, hingga kebutuhan rumah tangga.

“Dalam kegiatan Webinar yang bertemakan Transformasi Daya Saing Digital UMKM Desa di Era Pandemi. Kegiatan webinar ini memberi pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai bagaimana tatacara pemasaran yang baik agar menarik daya beli konsumen,” ungkap Dzikri Luthfi, ketua kelompok 52 KKN-T UMMI 2021.

“Webinar ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai strategi pemasaran digital di tengah pandemi ini. Demi meningkatkan daya saing pemasaran, para pelaku UMKM di harapkan dapat merealisasikan isi dari materi yang telah di sampaikan oleh narasumber atau pembicara,” Lanjut Dzikri yang merupakan mahasiswa Teknik Inormatika semester 6.