KKN-T dan Manajemen Retail UMMI Berikan Pelatihan Packaging dan Digital Marketing untuk UMKM
KKN-T dan Manajemen Retail UMMI Berikan Pelatihan Packaging dan Digital Marketing untuk UMKM

KKN-T dan Manajemen Retail UMMI Berikan Pelatihan Packaging dan Digital Marketing untuk UMKM

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 04 September 2021

Sukabumi, ummi.ac.id – Semenjak adanya pandemi Covid-19 banyak sekali dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Salah satu dampak yang dirasakan nya adalah sektor ekonomi dan perdagangan. Dalam dunia usaha tidak sedikit  pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet dan mengalami kerugian karena hilang nya pemasukan. Selain karena pandemi, dalam dunia usaha UMKM masih ada kurang nya strategi pengemasan dan pemasaran yang dilakukan. Pemasaran yang dilakukan dengan digital atau secara online akan lebih meningkatkan pemasaran. Akan tetapi masih ada beberapa UMKM yang belum mempromosikan atau menjual nya secara online, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat banyak.

Untuk mengupayakan meningkatkan kembali omzet UMKM, mahasiswa UMMI yang sedang melakukan KKN Tematik tahun 2021 berkontribusi dengan mengadakan pelatihan dengan judul Mahasiswa KKNT UMMI bersama Prodi Manajemen Retail melakukan penguatan UMKM melalui kegiatan pelatihan packaging dan digital marketing. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja primer dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik UMMI tahun 2021.

Acara ini juga di bantu oleh Prodi Manajemen Ritel Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Sukabumi yang sangat berperan besar dalam berlangsungnya acara pelatihan UMKM Se kota sukabumi dengan baik.

Dalam kegiatan acara ini mengundang dua pemateri, yaitu Bapak Elan Eriswanto, S. E., M.M (Dekan Fakultas Ekonomi UMMI) sebagai pemateri mengenai pengemasan produk, dan Bapak Muh. Abdul Aziz, S.E., M.M (Dosen Prodi Manajemen Retail FE UMMI) sebagai pemateri mengenai digital marketing. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 September 2021 di Aula Muhammadiyah Sukabumi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan juga pelaku UMKM Kota Sukabumi.

Selain itu dengan adanya materi mengenai pengemasan dan digital marketing, pelaku UMKM bisa memahami bagaimana cara mengembangkan pengemasan hasil produk mereka serta menambah wawasan mengenai digital marketing agar para pelaku UMKM tidak hanya memasarkan hasil produksi mereka secara konvensional, akan tetapi dapat menambah pemasaran mereka di dalam dunia digital. 

Dalam kesempata ini dijuga berlangsung penandatangan MoU antara Prodi Manajemen Retail dengan Dinas Koperasi Kota Sukabumi..