Prodi Agribisnis UMMI Gelar FGD Bersama 17 Mitra : Sinergitas Membangun Kerjasama Produktif dan Berkualitas
Prodi Agribisnis UMMI Gelar FGD Bersama 17 Mitra : Sinergitas  Membangun Kerjasama  Produktif dan Berkualitas

Prodi Agribisnis UMMI Gelar FGD Bersama 17 Mitra : Sinergitas Membangun Kerjasama Produktif dan Berkualitas

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 23 Oktober 2021

Sukabumi, ummi.ac.id – Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kerjasama dengan Mitra dalam rangka evaluasi  dan sinergitas Implementasi kerjasama dalam kegiatan tridarma PT (pendidikan, penelitian dan pengabdian masysrakat). Kegiatan tersebut dilaksanakan di meeting room, Gedung B UMMI, Kamis (22/10/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protocol Kesehatan covid-19 tersebut dihadiri oleh 17 Mitra yaitu Organization for Industry, Spiritual, Culture and Advancement (OISCA), Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Puspa Agro, Aliansi Organik Indonesia, Sukaponic, Hasil Sayur Indonesia, DKP3 Kota Sukabumi, BBI Kab. Sukabumi,  Fakultas Sains Terapan Universitas Surya Kencana, Dinas Ketahanan Pangan Kab. Sukabumi, BPP Kebonpedes, Rumah Hanjeli Indonesia / Desa Wisata Hanjeli, Rumahku Hijau, Agro Park Pesantren Yatim Mabda Islam, Lazismu, dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.

FGD yang secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UMMI, Dr.Amalia Nur Milla M.P., turut dihadiri oleh Ketua program Studi Agribisnis, Dr. Ema Hilma Meilani M.P. , Koordinator TIM Task Force PKKM Program Studi Agribisnis UMMI, Dr. Reny Sukmawani, M.P., seluruh dosen dan staff kependidikan Agribisnis UMMI.

Koordinator TIM Task Force PKKM Program Studi Agribisnis UMMI, Dr. Reny Sukmawani, M.P menuturkan tujuan digelarnya FGD ini untuk meningkatkan kuantitas kerjasama dari dunia usaha, organisasi/lembaga kemasyarakatan maupun dari pendidikan tinggi lainnya, baik di level regional, nasional maupun internasional serta menambah realisasi kegiatan yang terjadi antara PT dengan mitra untuk mewujudkan tujuan dibangunnya kerjasama tersebut

“Kerjasama Program Studi Agribisnis dengan mitra ini juga sebagai upaya dalam memberi dukungan dalam proses belajar mengajar melalui program kampus merdeka yang telah diterapkan diantaranya pertukaran pelajar dengan perguruan tinggi lain, magang atau praktik di dunia industry, mengajar di sekolah, penelitian atau riset dan proyek sosial untuk membantu masyarakat di pedesaan” lanjutnya.
 
Pada kesempatan FGD itu selain dipaparkan profil Prodi Agribisnis kepada mitra oleh ketua prodi,  juga  ekspos tentang hasil evaluasi kerjasama berdasarkan implementasi, hasil monev serta merumuskan bersama rencana kegiatan yang akan disinergikan untuk dapat diimplementasikan bersama pada tahun berikutnya oleh koordinator tim task force PKKM Agribisnis. Rencana kegiatan yang dirancang diarahkan pada bidang pendidikan yg terfokus pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penelitian dan pengabdian masyarakat. 

“Mitra yang hadir pada kegiatan FGD tersebut antusias memberikan masukan dan sarna untuk sinergitas kerjasama yg berkualitas dan produktif. 

“Di dalam penyelenggaraan layanan pendidikan, Prodi Agribisnis Faperta UMMI selalu terdepan. Hal ini terbukti dengan diraihnya akreditasi A (unggul), dan diraihnya berbagai prestasi lainnya baik oleh prodi secara kelembagaan maupun oleh mahasiswa dan dosen di Prodi Agribisnis,” Menurut ketua Prodi , Dr. Ema Hilma Meilani, M.P., semua capaian itu tidaknterlepas dari dukungan semua pihak diantaranya adalah dukungan dan keberadaan mitra. Berdasarkan hal tsb kaprodi secara khusus menyampaikan ucapn terima kasih pada mitra yg bekesempatan hadir pada FGD tsb.

Diakhir acara, setelah disepakati rencana implementasi kegiatan untuk tahun berikutnya, acara FGD ditutup dengan pernyataan komitmen bersama yaitu pertama sepakat bersinerhi dalam upaya meningkatkan kerjasama berkulaitas dan produktif kedua berkomitmen untuk menimplementasikan kegiatan kerjasama yang telah disepakati.

Lihat Foto-foto