Beri Wawasan Lembaga Legislatif : DPM FIAH UMMI Hadirkan Anggota DPR
Beri Wawasan Lembaga Legislatif  : DPM FIAH UMMI Hadirkan Anggota DPR

Beri Wawasan Lembaga Legislatif : DPM FIAH UMMI Hadirkan Anggota DPR

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Senin, 25 Oktober 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora (FIAH), Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melaksanakan kegiatan Studium Generale Lembaga Legislatif . Selasa, 19 Oktober 2021

Studium Generale Lembaga Legislatif yang mengambil tema, “Menciptakan Legislator Muda Yang Berwawasan Demokratis, Aspiratif dan Solutif”. Acara dimulai pukul 09.00 yang dibuka langsung oleh Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

Kegiatan ini dilakukan secara Hybrid yaitu Offline dan Online, diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2021 dan di hadiri secara langsung kurang lebih 70 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa baru yang di delegasikan oleh masing-masing ORMAWA Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Acara ini menghadirkan pemateri dari Anggota DPR RI Dapil Sukabumi H. Mohammad Muraz, S.H., M.M, Ketua DPRD Kab. Sukabumi Yudha Sukmagara, BBA., SH, dan Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi Ivan Rusvansyah Trisya,.

Dalam materi yang disampaikan oleh para anggota dewan bahwa pentingnya pemuda/mahasiswa memiliki pengetahuan terhadap lembaga legislatif, mengetahui peran tugas dan fungsi sebagai badan legislatif yang memiliki 3 fungsi utama yaitu legislasi, pengawasan dan anggaran.

Ketua DPM FIAH, Septiawan Maliki Barkah mengatakan, "Tujuan dari acara Studium General Lembaga Legislatif ini adalah yang pertama memperkenalkan lembaga legislatif kepada mahasiswa baru, yang kedua yaitu salah satu bentuk kaderisasi , jadi ketika pergantian kepengurusan mereka yang meneruskan estafet kepemimpinan sedikit banyaknya sudah mengetahui peran dan fungsi dari lembaga leguslatif, lalu yang ketiga adalah upaya dalam peningkatan kapisitas dari DPM internal itu sendiri”. ucapnya.