Lima Dosen UMMI Ciptakan Limbah Terubuk Sebagai Pakan Alternatif
Lima Dosen UMMI Ciptakan Limbah Terubuk Sebagai Pakan Alternatif

Lima Dosen UMMI Ciptakan Limbah Terubuk Sebagai Pakan Alternatif

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Jumat, 23 September 2022

Sukabumi, ummi.ac.id - Kendala utama dalam sektor peternakan diantaranya terkait pakan. Hingga saat ini sebagian besar peternak ruminansia masih bergantung pada pakan hijauan yang semusim dan pemanfaatan limbah atau hasil sampingan dari tanaman pertanian. Namun  ketersediaan hijauan ini sering tidak seimbang dengan jumlah ternak dan menjadi kendala terutama pada musim kemarau.  Berbagai macam usaha dilakukan untuk mendapatkan berbagai macam sumber pakan  alternatif. Dalam hal inilah diperlukan berbagai inovasi untuk pengganti atau tambahan pakan bagi ternak ruminansia, sehingga ternak dapat hidup dan tumbuh dengan baik. 

Lima Dosen UMMI yang diinisiasi oleh Dosen Prodi Agribisnis dan Dosen Pendidikan Biologi  yang diketuai oleh Reny Sukmawani dengan anggota Endang Tri Astutiningsih, Ema Hilma Meilani, Jujun ratnasari dan Billyardi ramdhan  ini mengimplementasikan kreasi reka berupa limbah terubuk sebagai pakan alternatif. 

Kelima Dosen UMMI ini berhasil menarik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui program matching fund yang bekerjasama juga dengan Dinas Peternakan (Disnak)  Kabupaten Sukabumi.

Reny Sukmawani menuturkan Salah satu inovasi yang ditawarkan untuk dapat diterapkan  dalam mengatasi masalah pakan ini adalah dengan memanfaatkan limbah tanaman terubuk sebagai pakan alternatif.

Hasil penelitian awal menunjukan bahwa dengan memanfaatkan bahan dasar limbah terubuk sebagai pakan ternak maka kelebihan yang diperoleh diantaranya penghematan biaya produksi dan waktu serta tersedianya pakan secara berkelanjutan di musim kemarau.  Berdasarkan hal tersebut maka penerapan reka cipta pemanfaatan limbah terubuk sebagai pakan alternatif diyakini dapat membantu menyelesaikan peramsalahan terkait pakan di tingkat peternak,” ungkap Reny yang merupakan dosen Agribisnis UMMI.

Melalui hasi temuan ini lima dosen UMMI melakukan sosialisasi kepada peternak yang bertempat di unit pembibitan dan pakan ternak Purabaya, Dinas peternakan Kab. Sukabumi (20-25/9/22).