Inovasi Karya Mahasiswa Akuakultur UMMI Sukses Raih Juara 1 National Fisheries Business Plan
Inovasi Karya Mahasiswa Akuakultur UMMI Sukses Raih Juara 1 National Fisheries Business Plan

Inovasi Karya Mahasiswa Akuakultur UMMI Sukses Raih Juara 1 National Fisheries Business Plan

  • Ditulis oleh Humas UMMI
  • pada Jumat, 26 Mei 2023

Berawal dari permahasalahan yang  ditemukan pada media pembenihan pembudiyaan ikan di Sukabumi, Latanza, Pirmansyah, dan Nadila yang tergabung dalam tim business plan UMMI mencoba memecahkan permasalahan tersebut dan menuangkannya pada sebuah proposal yang mereka susun. Tak disangka, tim yang didampingi oleh Novita MZ, S.Pi., M.Si. ini berhasil menjuarai lomba National Fisheries Business Plan yang diselenggarakan oleh oleh bidang kewirausahan pengembangan profesi Fakultas perikanan dan kelautan Universitas Brawijaya.

Bukan hal yang mudah bagi Latanza dan tim hingga bisa sukses menjadi juara, sebab mereka harus bersaing dengan banyak peserta dari seluruh indonesia yang kemudian disaring dan hanya dipilih 14 tim yang melaju ke babak final. Meski pada awalnya Latanza tak percaya diri, berkat kerja sama tim Ia dan rekannya mampu melewati babak final dengan lancar. 

“Kita awalnya cukup minder sebab lawan kita dari kampus-kampus besar, “ucap Latanza. Ia kemudian mengungkapkan bahwa ia dan tim tidak menyangka akan meraih juara 1. “Inovasi kita sederhana namun relevan dan menjawab permasalahan pembudidaya,” tambah Latanza. 

Sebab final dilaksanakan secara langsung di gedung Fakultas perikanan dan kelautan Universitas Brawijaya pada 23 Mei 2023, Latanza dan tim sempat bingung terkait akomodasi ke tempat final. Namun berkat dukungan kampus, masalah tersebut dapat diatasi.

Menjadi juara tak serta merta melupakan peran Latanza seagai mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. Ia berharap inovasinya ini diedukasikan kepada para embudidaya sehingga karyanya bisa bermanfaat dan teraktualisasi.