Suarakan Hari Air Dunia: Mahasiswa UMMI Dan PSDA Jabar Gelar Serangkaian Program
Suarakan Hari Air Dunia: Mahasiswa UMMI Dan PSDA Jabar Gelar Serangkaian Program

Suarakan Hari Air Dunia: Mahasiswa UMMI Dan PSDA Jabar Gelar Serangkaian Program

  • Ditulis oleh admin 2
  • pada Rabu, 27 Maret 2024

Sukabumi, ummi.ac.id – Dalam upaya untuk meningkatakan kesadaran akan pentingnya pengeloalaan air bersih dan keberlanjutan sumber daya air, UPTD. Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cisadane-Cibareno Jawa Barat berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) gelar Hari Air Dunia dengan tema “Air untuk Perdamaian” pada Kamis (21/3/2024) yang dilaksanakan di Auditorium UMMI.

Acara peringatan Hari Air Dunia di UMMI  dimulai dengan seminar yang menghadirkan para pakar di bidang lingkungan dan pengelolaan air. Para peserta seminar mendapatkan wawasan mendalam tentang tantangan yang dihadapi dalam menjaga ketersediaan air bersih, solusi teknologi terkini untuk mengatasi masalah tersebut, serta peran masyarakat dalam konservasi air.

Dalam sambutannya, Rizki Zaenudin, M. Si.,  menyampaikan pentingnya peran aktif semua pihak dalam menjaga ketersediaan air bersih.

"Air merupakan sumber kehidupan yang sangat berharga, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindunginya. Melalui acara ini, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk turut serta dalam upaya konservasi air," ujarnya.

Selain itu, dalam pemaparannya kepala UPTD. Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cisadane-Cibareno Jawa Barat, menekan Air memiliki posisi yang tinggi dan bernilai dalam peradaban manusia berkat manfaatnya yang sangat esensial dalam kehidupan. Dari konsumsi sehari-hari hingga pemurnian, konservasi, budidaya dan sebagainya. Air bahkan dipandang oleh sebagian masyarakat sebagai kehidupan itu sendiri dan sebagai sumber keabadian. Sehingga, pengelolaan air menjadi isu utama dalam acara dan deklarasi internasional, termasuk Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs mencakup tujuan air khusus yang harus dicapai pada tahun 2030 untuk memastikan kehidupan yang berkelanjutan.

Acara peringatan Hari Air Dunia di UMMI  diakhiri dengan komitmen bersama untuk terus berkontribusi dalam menjaga kualitas air dan mewujudkan pengelolaan air yang berkelanjutan bagi generasi mendatang dan juga penanaman pohon secara simbolis sebagai bukti nyata UMMI siap untuk menjaga Alam.