Syiar Ramadan UMMI Buka Bersama dan Beri Santun Ratusan Anak Yatim
Syiar Ramadan UMMI Buka Bersama dan Beri Santun Ratusan Anak Yatim

Syiar Ramadan UMMI Buka Bersama dan Beri Santun Ratusan Anak Yatim

  • Ditulis oleh admin 2
  • pada Kamis, 28 Maret 2024

Sukabumi, ummi.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar program Syiar Ramadan dan santunan untuk Yatim, serta materi Literasi Jaminan dari PT. JAMKRINDO sebagai bagian dari upaya meningkatkan kegiatan sosial di tengah masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UMMI dalam mendukung nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan yang berlangsung dilaksanakan pada Kamis (28/3/2024) bertempat di Auditorium UMMI.

Dr. Reny Sukmawani, M.P., Rektor UMMI menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen UMMI dalam mengembangkan potensi akademis, sosial, dan keagamaan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan beriman.

"Kami berharap melalui program ini, kita dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan umat," ujarnya.

Selain itu, dalam rangka memberikan pemahaman terkait dengan Literasi penjaminan Dr. Abdul Bari, SKM., M.M., selaku Direktur Kelembagaan dan layanan PT. JAMKRINDO menyampaikan dalam pemaparan yang mendalam mengenai konsep dasar penjaminan kredit, manfaat bagi pelaku usaha kecil dan menengah, serta strategi pengembangan usaha melalui akses ke layanan penjaminan.

Beliau juga menyampaikan pemahaman dan pengetahuan yang diperlukan terkait dengan konsep dan mekanisme penjaminan kredit yang disediakan oleh lembaga seperti PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo).

“Literasi ini penting bagi berbagai pihak, mulai dari pelaku usaha kecil dan menengah hingga lembaga keuangan dan masyarakat umum, agar dapat memanfaatkan layanan penjaminan dengan optimal,”ucapnya

“Selain itu, Jamkrindo juga aktif dalam memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada UMKM, termasuk materi mengenai manfaat penjaminan kredit, cara mengelola keuangan dengan baik, dan strategi pengembangan usaha,” tutupnya

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapabilitas manajerial UMKM dalam mengelola keuangannya. Beliau juga tak lupa menyampaikan bahwa melalui penjaminan kredit, Jamkrindo membantu memperluas akses keuangan bagi UMKM yang seringkali kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena minimnya jaminan atau riwayat kredit yang kurang memadai.

Dalam kesempatan ini Dr. Muchlas Rowi, S.S., S.H., M.M., memberikan tausyiah yang mengangkat tema tentang keistimewaan bulan Ramadan. Tausyiah ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam bulan Ramadan, serta pentingnya memanfaatkan momen ini dengan baik untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan.

“Bulan Ramadan memberikan peluang yang besar untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, dzikir, tilawah Al-Quran, sedekah, dan berbagai amal kebaikan lainnya,” trgasnya

“Dengan memanfaatkan setiap detik dalam Ramadan untuk beribadah, seseorang dapat mendapatkan keberkahan dan keampunan dari Allah SWT,” tambahnya

Kegiatan Syiar Ramadan Literasi Penjaminan, Santunan Anak Yatim dan Tausyiah,  ini mendapat sambutan positif dari seluruh Sivitas Akademika UMMI dan para tamu undangan. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan dampak yang positif bagi seluruh Sivitas Akademika UMMI dan Masyarakat pada umumnya.